Langsung ke konten utama

Alumni Talk Series, Guest Lecture Program Studi Manajemen

Source: Google Images


"HOW TO INCREASE USESRS ACQUISITION THROUGH ONLINE AND OFFLINE MARKETING"


Kemarin, tepatnya pada hari Selasa 26 November 2019 telah diadakannya Guest Lecture mengenai bagaimana meningkatkan akuisisi pengguna melalui pemasaran online dan pemasaran secara konvensional. Guest Lecture yang diadakan di Universitas Bakrie kali ini disajikan dengan sangat baik, selain materinya yang related dengan keadaan pemasaran masa kini, pembicaranya pun merupakan alumni dari Universitas Bakrie itu sendiri yang expertise di bidang digital untuk sharing dengann mahasiswa prodi Manajemen

Pembicaranya pun orang-orang yang ahli dan berpengalaman dalam bidangnya sesuai dengan materi Guest Lecture kali ini. Terdapat tiga pembicara yaitu, Alfan Rezani selaku Digital Manager L'Oreal, Andaru Saputro selaku Marketing Controller Grab, dan Rezqy Fajri selaku Event and Communit LinkAja serta di pandu oleh moderator Andi Firmanata selaku Product MAnager Line.
Banyak yang materi yang dapat diambil dari acara tersebut, dan saya akan coba merangkum beberapa ilmu yang didapat dari Guest Lecture kemarin. Setiap perusahaan memiliki strategi serta perencanaan yang bebeda untuk meningkatkan pengguna melalui online maupu offline.
Seperti L'Oreal melalui komunikasi yang relevan. L'Oreal Indonesia pun mengalokasikan upaya besar dalam kegiatan pemasaran melalui jaringan channel yang tepat. Selain terus melakukan biaya iklan di televisi, L'Oreal juga terus meningkatkan belanja iklan pada ichannel digital. Seluruh komunikasi produk-produk harus disesuaikan secara relevan bagi konsumen Indonesia. L'Oreal telah mengimplementasikan strategi digital dari awal, tidak hanya secara global tetapi juga di Indonesia. Konvergensi penjualan secara online dan offline telah merevolusi cara konsumen berbelanja, dan mempengaruhi perilaku konsumen dalam berbelanjatermasuk adanya peningkatan pemelian produk melalui e-commerce. L'Oreal juga telah mengimplementasikan beberapa strategi e-commerce, seperti meningkatkan konten agar durasi belanja online semakin lama, menyediakan review produk, dan informasi lengkap mengenai toko resmi. L'Oreal juga berusaha menyediakan pengalaman yang sama dengan toko offline seperti menyediakan berbagai macam terster dan SKU, menawarkan paket bundle dan tawaran khusus seperti diskon hari raya, dan juga kolaborasi dengan pertner e-commerce serta bekerja sama dengan influencer yang tepat.



GrabID, strategi marketing GrabID lebih memfokuskan kepada society bukan impact business. 
Promo marketing memiliki persentase 55%, yakni promo diskon, promo merchant, dan driver incentives. Dan Direct Marketing memiliki persentase 45%, yakni Pertnership, sponsorship, radio, televisi, dsb. Untuk digital marketing sendiri terdapat persentse 5.5% yang dihabiskan untuk Acquisition dan Retention. Salah satu kegiatan pemasaran yang memberikan hasil dan engagement paling cepat dari target pengguna adalah melalui konten yag menarik sarat dengan visual,mulai dari gambar hingga video. Sementara bagi GrabID yang cukup aktif yaitu memanfaatkan video sebagai sarana promosi, karena cara tersebut snagt berhasil menarik perhatian pengguna. Selain cara tersebut GrabID juga menarik pelanggan dengan eningkatkan pelayanannya, GrabID sering memberikan promosi ataupun voucher potongan kepada pelanggannya agar meningkatkan profit mereka.


LinkAja, di dunia yang serba modern ini LinkAja muncul dengan awal mula gabungan dari beberapa project leader Telkomsel, t-cash, dll. LinkAja sangat memanfaatkan hastag dalam promotion-nya untuk mengetahui tolak ukur pencapaian di dunia digital, dari hastag tersebut dapat pula mngetahui reach dan exposure pada result yang dimiliki. LinkAja juuga pernah melakukan kerjasama dengan artis ibukota atau selebgram lainnya, dengan contoh memberikan kode voucher x rachelvenya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DAN ONLINE MACRO & MICRO ENVIRONMENT

STRATEGI PEMASARAN DIGITAL Pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Tipe pemasaran digital mencakup banyak teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaran internet. Pengertian Pemasaran Digital menurut para ahli; 1. Menurut Urban (2004:2) Digital marketing menggunakan internet dan teknologi informasi untuk memperluas dan meningkatkan fungsi marketing tradisional. Definisi ini berkonsentrasi pada seluruh marketing tradisional. Kita juga dapat menyatakan bahwa pendapat seperti "interactive marketing", one-to-one marketing dan "e-marketing" erat kaitannya dengan "digital marketing". 2.  Menurut Coviello, Milley & Marcolin (2001:26) Digital marketing ialah penggunaan internet dan penggunaan teknologi interaktif lain untuk membuat dan menghubungkan dialog antara perusahaan dan konsumen yang t...

Search Engine | SEO dan SEM

Search Engine Search Engine  adalah sistem prangkat lunak yang dirancang untuk membantu orang menemukan konten di internet. Setiap mesin pencari algoritma kepemilikan, atau " Spider ", untuk mengambil sumber yang paling tepat terkait dengan apa yang dicari berdasarkan pada Kata Kunci. Jadi, bagaimana search engine tahu hasil apa yang akan di tampilkan, dan bagaimana " Spiders" bekerja? Ada 3 jenis permintaan pencarian, karenanya kita harus merencanakannya dengan tepat. Navigasi - pengguna ini tahu ke mana dia ingin mendapatkan informasi yang dia cari, dan sedang mencari untuk mendapatkan akses langsung ke suatu lokasi. Informasional - pengguna ini mencari informasi lebih lanjut di sekitar topik atau produk. ini memiliki jangkauan terluas 3 jenis. Transaksional - di mana pengguna memiliki niat untuk melakukan tindakan sepecific - seperti mengunduh game, atau menemukan bisnis. SEO DAN SEM SEO - adal...

YAELA

Pertemanan emang ngga selalu mulus disetiap perjalanannya, banyak lika-liku yang dirasain dalam kehidupan pertemanan gue. Gabeda jauh lah sama persahabatan. Tapi gue lebih prefer ke pertemanan aja lah karena semua juga berawal dari temen sampe akhirnya saling suka dan memutuskan untuk jadi...........................sahabat.  Gue pernah berteman sama berbagai tipe jenis temen layaknya slogan orang dagang, "Ya namanya juga orang dagang kadang untung kadang kaga".  Yap tipe tipe dibawah ini jadi gambaran beberapa temen yang termasuk kategori temen yang menguntungkan tapi punya sisi negeatif yang nyebelinnya kaya ngeliat digo sama sisi ngaum ngaum gajelas dihutan. 1. Rajin tapi senengnya marah-marah      Orang kaya gini paling salah kalo disatu mejain sama orang yang ngga sabaran kaya gue. Pernah punya nih temen kaya gini. Kalo lagi rajinnya kumat stadium akhir disenggol dikit aja bawaannya pengen makan orok. Serem. Pernah gue lagi sakit perut melil...