![]() |
Source: Google Images |
"HOW TO INCREASE USESRS ACQUISITION THROUGH ONLINE AND OFFLINE MARKETING"
Kemarin, tepatnya pada hari Selasa 26 November 2019 telah diadakannya Guest Lecture mengenai bagaimana meningkatkan akuisisi pengguna melalui pemasaran online dan pemasaran secara konvensional. Guest Lecture yang diadakan di Universitas Bakrie kali ini disajikan dengan sangat baik, selain materinya yang related dengan keadaan pemasaran masa kini, pembicaranya pun merupakan alumni dari Universitas Bakrie itu sendiri yang expertise di bidang digital untuk sharing dengann mahasiswa prodi Manajemen
Pembicaranya pun orang-orang yang ahli dan berpengalaman dalam bidangnya sesuai dengan materi Guest Lecture kali ini. Terdapat tiga pembicara yaitu, Alfan Rezani selaku Digital Manager L'Oreal, Andaru Saputro selaku Marketing Controller Grab, dan Rezqy Fajri selaku Event and Communit LinkAja serta di pandu oleh moderator Andi Firmanata selaku Product MAnager Line.
Banyak yang materi yang dapat diambil dari acara tersebut, dan saya akan coba merangkum beberapa ilmu yang didapat dari Guest Lecture kemarin. Setiap perusahaan memiliki strategi serta perencanaan yang bebeda untuk meningkatkan pengguna melalui online maupu offline.
Seperti L'Oreal melalui komunikasi yang relevan. L'Oreal Indonesia pun mengalokasikan upaya besar dalam kegiatan pemasaran melalui jaringan channel yang tepat. Selain terus melakukan biaya iklan di televisi, L'Oreal juga terus meningkatkan belanja iklan pada ichannel digital. Seluruh komunikasi produk-produk harus disesuaikan secara relevan bagi konsumen Indonesia. L'Oreal telah mengimplementasikan strategi digital dari awal, tidak hanya secara global tetapi juga di Indonesia. Konvergensi penjualan secara online dan offline telah merevolusi cara konsumen berbelanja, dan mempengaruhi perilaku konsumen dalam berbelanja, termasuk adanya peningkatan pemelian produk melalui e-commerce. L'Oreal juga telah mengimplementasikan beberapa strategi e-commerce, seperti meningkatkan konten agar durasi belanja online semakin lama, menyediakan review produk, dan informasi lengkap mengenai toko resmi. L'Oreal juga berusaha menyediakan pengalaman yang sama dengan toko offline seperti menyediakan berbagai macam terster dan SKU, menawarkan paket bundle dan tawaran khusus seperti diskon hari raya, dan juga kolaborasi dengan pertner e-commerce serta bekerja sama dengan influencer yang tepat.
GrabID, strategi marketing GrabID lebih memfokuskan kepada society bukan impact business.
Promo marketing memiliki persentase 55%, yakni promo diskon, promo merchant, dan driver incentives. Dan Direct Marketing memiliki persentase 45%, yakni Pertnership, sponsorship, radio, televisi, dsb. Untuk digital marketing sendiri terdapat persentse 5.5% yang dihabiskan untuk Acquisition dan Retention. Salah satu kegiatan pemasaran yang memberikan hasil dan engagement paling cepat dari target pengguna adalah melalui konten yag menarik sarat dengan visual,mulai dari gambar hingga video. Sementara bagi GrabID yang cukup aktif yaitu memanfaatkan video sebagai sarana promosi, karena cara tersebut snagt berhasil menarik perhatian pengguna. Selain cara tersebut GrabID juga menarik pelanggan dengan eningkatkan pelayanannya, GrabID sering memberikan promosi ataupun voucher potongan kepada pelanggannya agar meningkatkan profit mereka.
![]() |
LinkAja, di dunia yang serba modern ini LinkAja muncul dengan awal mula gabungan dari beberapa project leader Telkomsel, t-cash, dll. LinkAja sangat memanfaatkan hastag dalam promotion-nya untuk mengetahui tolak ukur pencapaian di dunia digital, dari hastag tersebut dapat pula mngetahui reach dan exposure pada result yang dimiliki. LinkAja juuga pernah melakukan kerjasama dengan artis ibukota atau selebgram lainnya, dengan contoh memberikan kode voucher x rachelvenya.
Komentar
Posting Komentar