Langsung ke konten utama

STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DAN ONLINE MACRO & MICRO ENVIRONMENT

STRATEGI PEMASARAN DIGITAL




Pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Tipe pemasaran digital mencakup banyak teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaran internet.
Pengertian Pemasaran Digital menurut para ahli;
1. Menurut Urban (2004:2)
Digital marketing menggunakan internet dan teknologi informasi untuk memperluas dan meningkatkan fungsi marketing tradisional. Definisi ini berkonsentrasi pada seluruh marketing tradisional. Kita juga dapat menyatakan bahwa pendapat seperti "interactive marketing", one-to-one marketing dan "e-marketing" erat kaitannya dengan "digital marketing".
2. Menurut Coviello, Milley & Marcolin (2001:26)
Digital marketing ialah penggunaan internet dan penggunaan teknologi interaktif lain untuk membuat dan menghubungkan dialog antara perusahaan dan konsumen yang telah teridentifikasi.
3. Menurut Heidrick & Struggless (2009:1)
Perkembangan dari digital marketing melalui web, telepon genggam dan perangkat games, menawarkan akses baru periklanan yang tidak digembor-gemborkan dan sangat berpengaruh. Jadi mengapa para marketer di seluruh asia tidak mengalihkan penggunaan budget dari marketing tradisional seperti TV, radio dan media cetak ke arah media teknologi baru dan media yang lebih interaktif. Digital marketing menggunakan internet dan teknologi informasi untuk memperluas dan meningkatkan fungsi marketing tradisional. Definisi ini berkonsentrasi pada seluruh marketing tradisional. Kita juga dapat menyatakan bahwa pendapat seperti "interactive marketing", one-to-one marketing dan "e-marketing" erat kaitannya dengan "digital marketing".



Strategi Marketing
        Menurut Jagdish N. S. & Sharma, A. (2005) dalam jurnalnya yang berjudul “International E-Marketing: Opportunities and Issues.” mengatakan e-marketing strategy memerlukan pemanfaatkan jaringan komunikasi yang ada dan muncul dan data untuk memberikan komunikasi pribadi dan tidak terputus antara perusahaan dan pelanggan dan memberikan nilai di atas jaringan tradisional Berdasarkan pengertian di atas dapat disimpulkan strategi digital marketing adalah strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran secara online.

       Menurut  Chaffey, dan Smith (2008, P. 51) menentukan strategi pemasaran bisa menggunakan konsepmarketing mix yang artinya suatu kerangka kerja yang menyiapkan konseptual membantu pemasar untukmenstruktur pendekatan mereka kepada setiap pasarIni harus diterapkan kembali dalam dunia online.Marketing mix ini dibagi menjadi 7P yaitu sebagai berikut :

1.    Product (Content, Customisation, Community)

Pelayanan yang baru melalui media Digital Marketing yang sudah dibangun dapat memberikanpengalaman yang bagus pada pelanggan mengenai merek yang dijual perusahaan, contohnya penyediaanpelayanan pelanggan secara onlinepenyediaan informasi yang lengkap tentang produk danmembentuknya komunitas melalui media internetdan juga menambah nilai pada produk/jasa yang ditawarkan.

2.    Price (Cost reduction)

Penawaran harga yang lebih murah dalam melalui media internet , seperti memberi diskon pada barang yand di beli secara Online atau layanan extra dalam pembelian pada jumlah tertentu
3.    Place
Media internet dapat menyediakan channel yang baru dan relatif lebih praktis untuk digunakan dalam berinteraksi dan juga berkomunikasi dengan perusahaan,
4.    Promotion
Media Internet telah menyediakan kesempatan dan juga kemudahan kepada perusahaan untuk melakukan promosi dengan cepat, murah dan juga dapat  menjangkau masyarakat yang luas secara efektif. Yang terutama dalam mix  promosi ini adalah  mengkombinasikan alat yang sudah tersedia untuk dapat membantu keberhasilan digital marketing yang telah diluncurkan
5.    Physical evidence, People, Process
Poin marketing mix berikut ini merupakan sangat penting perannya karena dalam membentuk pengalamanbagi pelanggan. People ini berperan penting karena dalam mensukseskan pelayanan pelangganprocessdan Physical berperan penting dalam mengembangan digital marketing di karenakan kualitas proses dan feedback dari pelanggannya. Sehingga dalam mengembangkan digital marketing yang baik, marketing mix ini harus di perhatikan dan di utamakan .


Bagan Analisis dalam media Digital Marketing
1.    Strengths
a.    Keunggulan yang ada.
b.    Konsumen yang ada.
c.    Distribusi yang ada.
2.    Weakness
a.    Kurangnya teknologi dan kemampuan yang ada.
b.    Pemikiran perusahaan sempit.
3.    Opportunities
a.    Pemasaran baru
b.    Layanan yang baru
c.    Aliansi.
4.    Threats
a.    Adanya competitor pendatang baru.
b.    Produk atau layanan yang lebih kompetitif.
c.    Jejaring social atau website.

Business Environment

Digital Marketing : Micro Environment

Dengan lingkungan mikro, penting untuk dicatat bahwa perubahan pasar digital terjadi secara internal ke bisnis. Faktor lingkungan makro dipandang sebagai tidak terkendali sedangkan faktor mikro dipandang sebagai faktor yang dapat dikontrol. Faktor lingkungan mikro meliputi:
  • Organisasi
  • Pelanggan
  • Pemasok
  • Pesaing
  • Perantara

Semua faktor ini saling terkait dan perlu dinilai dan dimanfaatkan sepenuhnya agar berhasil. Namun, empat langkah penting dalam mengendalikan sektor ini meliputi:
  • ·        Mengelompokkan pasar secara efisien dengan menggunakan bauran pemasaran. Perusahaan sekarang mulai menciptakan kepribadian lebih daripada segmen pasar karena memungkinkan penargetan yang lebih akurat di media sosial.
  • ·         Mencari perantara yang sesuai dan cocok untuk perusahaan yang akan membantu pertumbuhan.
  • ·     Mengidentifikasi bagaimana perantara dan situs media sosial tertentu bekerja dalam koherensi satu sama lain dan manfaat yang dapat diberikan perusahaan ini ketika mengelola aktivitasnya.
  • ·         Memilih situs tujuan yang tepat untuk produk dan aktivitas mereka.

Digital Marketing : Macro Environment

Empat faktor lingkungan makro utama dan paling berpengaruh adalah:
  • Sosial
  • Teknologi
  • Hukum / Politik / Etika
  • Ekonomis
  • Faktor sosial


Hambatan sosial untuk adopsi internet.

Hambatan sosial kadang-kadang dapat menjadi faktor pendukung adopsi Internet dan dengan demikian dalam penetrasi pemasaran digital di bidang-bidang tertentu dan demografi tertentu. McKinsey & Company melaporkan bahwa sekitar 75% dari populasi offline terkonsentrasi di 20 negara dan secara pedesaan tidak proporsional, berpenghasilan rendah, lansia, buta huruf, dan perempuan. Negara-negara seperti Bangladesh, Ethiopia, Nigeria, Pakistan, dan Tanzania adalah contoh tempat di mana akses internet sangat rendah. Untuk bagian ini populasi adopsi internet dianggap hanya komoditas tanpa manfaat yang dirasakan. Kendala yang sering mereka hadapi adalah kurangnya literasi digital - yang umumnya mengakibatkan ketidaknyamanan atau ketidakmampuan untuk menggunakan teknologi digital atau bahkan keaksaraan dasar - ketidakmampuan untuk membaca dan menulis. Hasilnya adalah pengucilan sosial dari insentif dari penyedia layanan internet untuk siapa yang menjangkau audiens ini tidak begitu penting.
Lokasi populasi online dapat menjadi penghalang bagi infrastruktur yang mungkin menyediakan jangkauan internet. Dalam beberapa kasus mereka mengalami kekurangan infrastruktur berdekatan yang diperlukan untuk akses jaringan seperti jaringan listrik misalnya. Penyebabnya dapat mencakup jaringan inti jaringan belakang nasional yang kurang berkembang, dan infrastruktur akses, ketersediaan spektrum terbatas atau pengembangan infrastruktur yang kekurangan sumber daya.
Namun pemerintah di seluruh dunia sudah mulai menyadari dampak luar biasa dari membawa lebih banyak populasi online. Untuk melakukan ini, mereka telah mulai berinvestasi dalam memperluas infrastruktur broadband tetap dan meningkatkan akses Wi-Fi publik. Selain itu penyedia konten dan layanan berinovasi pada layanan yang dapat meningkatkan prospek ekonomi dan kualitas hidup pengguna Internet.

Faktor Teknologi

Teknologi adalah kontributor utama operasi harian perusahaan. Ketika datang ke lingkungan digital, masalah utama bagi perusahaan dapat menjadi kebutuhan konstan untuk adaptasi yang koheren dengan perubahan dan percepatan teknologi dan layanan. Tidak mampu beradaptasi dengan perubahan dan tren dapat menyebabkan pilihan yang buruk dan peluang yang terlewatkan. Pilihan yang buruk dan peluang yang terlewatkan ini juga bisa menjadi hasil dari penggunaan platform media sosial yang tidak akurat. Bergantung pada perusahaan, media sosial yang berbeda akan lebih cocok daripada yang lain, mis. Twitter vs. Instagram. Perusahaan perlu menentukan jenis yang menjadi fokus dan apa yang harus dihindari tergantung pada uang, waktu dan sumber daya. Sangat penting bagi perusahaan untuk menggunakan alat media sosial yang sesuai untuk potensi penuh mereka.

Masalah teknologi umum lainnya (mis. Server karena masalah peramban dan perangkat lunak yang menyebabkan iklan spanduk dan situs web tidak dimuat) dapat memiliki pengaruh besar pada keberhasilan strategi pemasaran digital. Di luar kesulitan teknologi, perusahaan seringkali harus berinvestasi dalam peralatan dan layanan untuk mengimplementasikan kampanye pemasaran digital mereka. Misalnya, perusahaan yang ingin melakukan pemasaran video membutuhkan kamera digital, lampu, dan peralatan perekaman audio dan keahlian untuk menggunakannya, atau harus membayar studio untuk menangani penyuntingan dan perekaman video.

Masalah Etika dan Hukum

Etika dan Hukum terkait erat. Perbedaan antara Etika dan Hukum adalah bahwa etika memperhitungkan kepentingan masyarakat secara keseluruhan. Teknologi modern menimbulkan tantangan bagi etika pemasaran. Masalah kritis termasuk kepemilikan kekayaan intelektual, peran privasi di dunia virtual, penggunaan data dan koleksinya, status anak-anak + jaringan digital dll. Ada sejumlah undang-undang dan kode etik yang menangani masalah etika dan hukum dalam Pemasaran Digital:

1. The Data Protection & Privacy Law T
2. The American Marketing Association code of Ethics
3. Digital rights management (DRM) The Advertising
4. Standards Authority for Ireland (ASAI) 



Sumber:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Search Engine | SEO dan SEM

Search Engine Search Engine  adalah sistem prangkat lunak yang dirancang untuk membantu orang menemukan konten di internet. Setiap mesin pencari algoritma kepemilikan, atau " Spider ", untuk mengambil sumber yang paling tepat terkait dengan apa yang dicari berdasarkan pada Kata Kunci. Jadi, bagaimana search engine tahu hasil apa yang akan di tampilkan, dan bagaimana " Spiders" bekerja? Ada 3 jenis permintaan pencarian, karenanya kita harus merencanakannya dengan tepat. Navigasi - pengguna ini tahu ke mana dia ingin mendapatkan informasi yang dia cari, dan sedang mencari untuk mendapatkan akses langsung ke suatu lokasi. Informasional - pengguna ini mencari informasi lebih lanjut di sekitar topik atau produk. ini memiliki jangkauan terluas 3 jenis. Transaksional - di mana pengguna memiliki niat untuk melakukan tindakan sepecific - seperti mengunduh game, atau menemukan bisnis. SEO DAN SEM SEO - adal...

YAELA

Pertemanan emang ngga selalu mulus disetiap perjalanannya, banyak lika-liku yang dirasain dalam kehidupan pertemanan gue. Gabeda jauh lah sama persahabatan. Tapi gue lebih prefer ke pertemanan aja lah karena semua juga berawal dari temen sampe akhirnya saling suka dan memutuskan untuk jadi...........................sahabat.  Gue pernah berteman sama berbagai tipe jenis temen layaknya slogan orang dagang, "Ya namanya juga orang dagang kadang untung kadang kaga".  Yap tipe tipe dibawah ini jadi gambaran beberapa temen yang termasuk kategori temen yang menguntungkan tapi punya sisi negeatif yang nyebelinnya kaya ngeliat digo sama sisi ngaum ngaum gajelas dihutan. 1. Rajin tapi senengnya marah-marah      Orang kaya gini paling salah kalo disatu mejain sama orang yang ngga sabaran kaya gue. Pernah punya nih temen kaya gini. Kalo lagi rajinnya kumat stadium akhir disenggol dikit aja bawaannya pengen makan orok. Serem. Pernah gue lagi sakit perut melil...